PCNU Kebumen Menggelar “Bongkohan” Maulid Nabi Muhammad SAW

Kebumen - Senin, 15 Maret 2010, malam. PCNU Kebumen menggelar acara Bongkohan dalam rangka menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Tasyakuran 2 dasawarsa SMK Maarif 1 Kebumen, di sepanjang jalan Kusuma Kebumen. Acara tersebut dihadiri sekitar 7000 warga NU, mulai dari tokoh NU se-Kabupaten Kebumen, pengurus PCNU Kebumen, perwakilan MWC NU se-Kabupaten Kebumen, Muslimat, Fatayat, STAINU, LP Maarif, IPNU, IPPNU, Banser, santri pondok pesantren, dan hadir pula Bupati KH M Nashiruddin AM, KH Ahmad Chalwani An Nawawi (Syuriah PWNU Jawa Tengah), dan Direktur TVRI Pusat Jakarta.

Sekitar pukul 20.30 WIB, acara dibuka dengan bacaan sura al fatikhah bersama, dan dilanjutkan sambutan ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen, KH Masykur Razak. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Bongkohan adalah tradisi pedesaan di Kabupaten Kebumen, yakni membawa makanan (biasanya di masjid) untuk kemudian dimakan bersama disuatu tempat, dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tradisi ini merupakan manifestasi kecintaan umat Islam atas kelahiran Nabi Muhammad SAW,”

Lebih lanjut, KH Masykur Razak menegaskan, “masing-masing peserta membawa bongkohan yang khas pada makanan buah-buahan, jadi acara ini bisa dikatakan membiasakan warga untuk mengkonsumsi buah.” tegasnya.

Drs. Khomsin, M.Pd, Koordinator acara ini mengatakan, “ PCNU Kebumen mengapresiasi tradisi Bongkohan ini, dengan mengumandangkan bacaan shalawat al barjanji.”

Pembacaan al barjanji dipimpin oleh KH Mohammad Nashiruddin Al Mansur, KH Yusuf Shalahuddin, dan diikuti seluruh peserta yang hadir pada acara tersebut.

Bupati Kebumen, KH Mohammad Nashirudin Al Mansur dalam sambutannya menyampaikan, dan menyambut baik tradisi Bongkohan tersebut, ” Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai sarana ‘nguri-nguri’ budaya lokal, warisan para wali, dan media komunikasi. Dan dalam peringatan Maulid Nabi juga disunnahkan untuk taksirus shadaqah, atau memperbanyak shadaqah,”

Dalam acara tersebut, KH M Nashiruddin AM juga menyampai selamat kepada SMK Ma’arif 1 Kebumen, yang telah menerima Review Sertifikat SMM ISO 9001:200 menjadi 9001: 2008. Semoga tetap menjadi sekolah NU yang berkualitas,

Bongkohan dalam rangka peringatan Maulid Nabi diakhiri dengan pengajian, yang disampaikan oleh KH Ahmad Chalwani An Nawawi (jajaran Syuriah PWNU Jawa Tengah). KH Ahmad Chalwani An Nawawi menyampaikan, “Maulid Nabi adalah momentum umat Islam untuk meneladi akhlak Rasulullah SAW, agar negeri ini menjadi negari yang baldatun thayyibun ghofur.

Review Sertifikat SMM ISO 9001:200 menjadi 9001: 2008

Disela-sela acara, juga diisi dengan penyerahan Review Setifikat SMM ISO 9001:200 menjadi 9001: 2008, dan penyerahan MOU dari direktur TVRI Jakarta dengan SMK Maarif 1 Kebumen.

Semoga SMK Maarif 1 Kebumen dapat menjalankan kerjasama dengan baik, dengan pihak TVRI pusat Jakarta. Amin.

4 Komentar

Filed under Doa, penghargaan, peringatan, Publik, Uncategorized

4 responses to “PCNU Kebumen Menggelar “Bongkohan” Maulid Nabi Muhammad SAW

  1. mubarok

    may sholawat and salam always be with prophet Muhammad. Amiiin ya Robbal alamin

  2. HR Manshur alkaff

    Syukurlah, jam’iyah semakin exis, STM Ma’arifnya juga, sayang dalam foto foto saya kena kepala dan punggung dari belakang. Saya jadi pengin menggali asal usul bongkohan, kayanya ada kaitannya dengan tradisi Sekaten di Demak dan penerusnya, dan “Panjang mulud” di Banten.

  3. terus jayalah NU untuk Indonesia dan Islam yang bermartabaTTT!!!!

  4. salim wazdy

    amiin amiin amiin, ma kasih do’anya pak mubarok, pak mansur dan pak ahmad naufa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s