NU Kebumen Konsisten dalam Program Kerakyatan Pelestarian Alam

salimKEBUMEN – Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan Ir. Darori Msi mengajak warga Nahdliyin di seluruh Kebumen untuk ikut mengatasi kerusakan hutan.

Hal itu terungkap dalam ceramah beliau dalam rangka pelantikan dan Muskercab PCNU masa khidmah 2008-2013, tentang Peran Gerakan Nasional Kehutanan dan Lingkungan Hidup (GNKL) NU di kantor PCNU Kebumen Jl Kusuma 96 Senin, 29 Desember 2008 mengatakan, hutan di Indonesia hampir semuanya rusak karena ulah masa lalu. Karena itu, semua pihak termasuk warga NU, wajib mengembalikan kondisi hutan.

Selanjutnya disampaikan Salim Wazdy MPd. Ketua panitia Pelantikan dan Muskercab, NU Kebumen konsisten dalam upaya mengatasi kerusakan hutan dengan program penghijuan yang dilaksankan oleh GNKL NU dengan Perhutani di kecamatan Sadang, Alian, dan Pejagoan pada tahun 2008. Tahun 2009 program dialajutkan dengan penghijuan di kecamatan Karangsambung, Karanggayam, Sempor, dan Ayah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan.

Warga NU Kebumen juga telah melakukan penanaman pohon Albasia di desa Kalibening Karanggayam sebanyak 2000 pohon dengan system bagi hasil, dan akan dikembangkan menjadi 5000 pohon.

Potensi lain penghijuan adalah penenaman pohon nyamplung di daerah pesisir. Biji nyamplung banyak bermanfaat besar untuk pemecah ombak dan mencegah gelombang Tsunami.

Ketua PCNU Kebumen Drs. Masykurrazak menjelaskan. NU saat ini mengedepankan program kerakyatan dengan menitikberatkan pada pertanian dan pelestarian alam. Ketua PWNU Drs. Mohammad Adnan MA menawarkan kepada PCNU Kebumen untuk bekerjasama dalam penanaman padi pesisir, yang kualitasnya tidak kalah dengan padi produksi Jepang.

2 Komentar

Filed under Kebijakan, Lingkungan, Publik

2 responses to “NU Kebumen Konsisten dalam Program Kerakyatan Pelestarian Alam

  1. Muchamad Solahudin

    Saya ucapkan selamat atas terbitan blog baru PCNU Kebumen. Semoga dengan semangat kepemimpinan yang baru pula dapat mengangkat harkat dan martabat kaum nahdliyin di kabupaten ini ke arah yang lebih adil dan bijaksana. Sebagai putra kebumen yang di perantauan, tidaklah patah semangat untuk tetap bernahdliyin di manapun berada.

  2. wah mantap nih pak tapi di rawat engga apa cuma di kasihkan lalu di bisrkan,kami lihat pak yang di pesisir kanya banyak yang mati .kenapa udah di kasih jarang di tengok atau di tinjo kembali perkembangan,penghijoan nya ………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s