Muda NU Sales Ideologi Aswaja

Setiap anak muda NU harus menjadi sales (pengecer) idoelogi Ahlusunnah wal jama’ah (Aswaja), dan lembaga-lembaga NU muda seperti IPNU, IPPNU, Fatayat dan Anshor diharapkan menjadi mini market ideologi Aswaja juga, hal tersebut dikatakan oleh Drs. Kholid Anwar dalam diskusi lanjutan dengan “Revitalisasi Gerakan Muda NU Kebumen”, Rabu, 15 Juli 2009. Salim Wazdy, M.Pd. mengatakan, diskusi ini merupakan diskusi lanjutan tentang “Reorientasi Gerakan Muda NU Kebumen”.

Selanjutnya Drs. Kholid Anwar mengatakan. Ideologi Aswaja harus dipasarkan secara cerdas dengan kemasan yang menarik. Pemanfaatan moment peringatan hari besar Islam merupakan salah satu peluang yang tepat untuk sosialisasi, dan penanaman ideology Aswaja. Gerak sinergis dan strategis harus dilakukan oleh elemen muda NU di kabupaten Kebumen. Harus ada koordinasi gerakan antar kelembagaan, sehingga sosialisasi ideology efektif di masyarakat. Gerakan tersebut harus direncanakan secara matang, dilaksanakan dan dievaluasi, sehingga bukan suatu gerakan yang tiba-tiba tanpa perencanaan.

Kholid Anwar menambahkan, masyarakat masih membutuhkan kehadiran para da’i penceramah agama untuk penambahan wawasan keIslaman, IPNU, IPPNU, Ashor, Fatayat harus merespon peluang tersebut, untuk sarana memasarkan ideologi. PCNU Kebumen juga diharapkan selalu mendampingi langkah gerak muda NU.

Jika gerakan ini efektif maka sangat penting sebagai alternative langkah antisipasi gerakan Islam yang ideologinya terlalu ke kanan dan mengancam keutuhan NKRI.

Drs. Agus Salim Chamidi, wakil ketua Anshor mengatakan bahwa gerakan muda NU berada dalam kondisi masyarakat yang kacau (anomali), semua dihitung secara pragmatis materi, padahal gerakan ideologi tidak menawarkan materi, diakui atau tidak ini memang berat. Walaupun dirasa berat, Gerakan Pemuda Anshor akan selalu konsisten dan siap membuck up ideologi Aswaja.

Arif Mustofa menambahkan, IPNU dan IPPNU siap melakukan sosialisasi ideologi Aswaja pada peserta didik di lingkungan sekolah Ma’arif. IPNU dan IPPNU hanya butuh dukungan nyata terutama dari PCLP Ma’arif dan PCNU Kebumen. (SW)

3 Komentar

Filed under Diskusi, Diskusi Aswaja, Obrolan, pemikiran, Publik

3 responses to “Muda NU Sales Ideologi Aswaja

  1. nambah pak………………….? melu komen setitik ae….!!
    ideologi yang ada hanyalahideologi yang yang ambigu yang dipasarkan sama teman muda NU.
    melihat sekarang menjadi salah satu bukti bahwa ideologi yag dimiliki hanylah ideologi sentimen…? selanjutnya apa bener yaaaa

  2. Melu urun pak ya bener dipikirena aswajane ,aja asal-asal saja aswaja harus bisa di terima kalongan muda gerakan ,muda jalanan,pesantren dan orang tua pak .tapi di utamakan tuk generasi muda di tingkata SD dan TPQ segera di rumuskan jangan lagi-lagi kapan selesenya …..

  3. zaenal

    melu urun pak,,,IPNU-IPPNU kebuemn insya Alloh berusaha untuk menjadi kader yang rela berjuang,,,kami btuh dukungan dan petuah-petuah dari Pembesar2 NU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s