Pendampingan Peningkatan Sistem Manjemen Mutu (SMM) SMP Muhammadiyah 2 oleh SMK Ma’arif 1 Kebumen

Kebumen, Senin, 28 Desember 2009 SMK Ma’arif 1 denga SMP Muhammadiyah 2 Kebumen mengadakan menandatangani noktah kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) sebagai bentuk kerjasama pendampingan peningkatan Sistem Manjemen Mutu SMP muhammadiyah 2 oleh SMK Ma’arif 1 kebumen. MoU meliputi 3 hal yaitu pertama, pengadaan Laptop assembling SMK Ma’arif 1 Kebumen dengan merk MASAKE (ma’arif satu kebumen), kedua, feeder school, ketiga pendampingan Sistem Manajemen Mutu terhadap SMP Muhammadiyah 2 oleh SMK Ma’arif 1 Kebumen untuk sertifikat ISO 9001: 2008. MoU ditandatangani oleh Drs. Sawali kepala SMP Muhammadiyah 2 dan Drs. Khomsin, M.Pd., kepala SMK Ma’arif 1 Kebumen.

Drs. Sawali, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen mengatakan: “keputusan untuk memilih SMK Ma’arif 1 Kebumen sudah melalui diskusi panjang, dan saya kira merupakan keputusan terbaik, untuk itu beberapa hari yang lalu kami ke Ma’arif 1 ketemu dengan beliau bapak Drs. Khomsin disetujui dan akhirnya acara ini bisa terlaksana. Proses diskusinya panjang tetapi alhamdulillah prosesnya lobynya cepat. Untuk itu kami mohon keikhlasan dan kesungguhan SMK Ma’arif 1 Kebumen untuk mendukung dan mendampingi peningkatan manajemen mutu lembaga kami. Kepada PD Muhammadiyah Kebumen, Komite, Masyarakat, para kepala SD/MI kami mohon restu dan dukungannya juga demi peningkatan kualitas SMP Muhammadiyah 2 Kebumen.”

Dukungan dari PD Muhammadiyah disampaikan oleh Irfangi, S.Ag., kepala Dikdasmen PD Muhammadiyah, dia mengatakan: “saya sangat apresiasif terhadap kesepakatan kerjasama ini, ini fenomena langkah tapi memang sudah seharusnya kerjasama yang baik antara Matahari (baca: Muhammadiyah) dengan Bumi (NU), tanpa keduanya atau salah satunya tidak ada maka kehidupan tidak akan ada. Indonesia tanpa NU dan Muhammadiyah bisa bubar. PD Muhammadiyah mendukung sepenuhnya, tapi nanti jika sudah berhasil jangan hanya sekedar gengsi status sekolah tetapi tanpa substansi.”

Serifikat ISO 9001:2008 merupakan salah satu pra syarat Rintisan Sekolah berstandar Intenasional kata Imam Satibi, M.Pd.I., ketua PC LP Ma’arif Kebumen dalam sambutannya. Selanjutnya dia mengatakan menyabut baik kerjasama ini semoga menjadi kebangkitan sekolah swasta, karena sekolah swasta harus mengelola proses pembelajaran dengan baik. Sekolah negeri yang baik, biasanya memang karena input peserta didiknya yang baik, tapi sekolah swasta dari input peserta didik biasa-biasa outputnya harus luar biasa, maka harus diperkuat diproses pembelajaran dan manajerial sekolah.

Salim Wazdy, M.Pd., wakil ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen menyambut baik kerjasama ini, tidak sekedar kerjasama institusional sekolah lebi jauh lagi kelembagaan dua Ormas besar di Indonesia. Secara kelembagaan semoag ini merupakan koalisi strategis kebangkitan sekolah swasta, secara organisasi masyarakat merupakan jalan masuk kerjasama strategis dibidang-bidang yang lain, misalnya dakwah Islam, perang melawan kemiskinan, dan lain-lain.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s