Pendidikan dan Latihan (Diklat) Dasar Ilmu Falak

Kebumen, Rabu, 13 Januari 2010, Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STAINU Kebumen menyelenggarakan Diklat Ilmu Falak tentang Arah Kiblat, Hisab, dan Rukyat. Acara tersebut bekerjasama dengan Badan Hukum Rukyah dan Hilaal Kebumen, dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kebumen. Acara ini diselanggarakan hingga Jum’at, 15 Januari 2010, di STAINU Kebumen, yang diikuti sekitar 43 peserta, terdiri dari utusan KUA se-kabupaten Kebumen, guru Agama Islam MTs/SMP, SMK/MA dan Mahasiswa. Dengan pembicara Makrufin Sudibyo, ST dari BHR Pusat, Ustadz Slamet Riyadi Ma’had Assalam, Muntaha BHR DIY.



Acara dibuka oleh Drs. KH Bambang Sucipto, M.Pd.I, (ketua STAINU kebumen), dan dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa, ”Ilmu Falak dalam hal ini penentuan arah kiblat, dan merupakan ilmu yang sangat penting, karena berkait dengan salah satu syarat sahnya ibadah shalat. Sementara itu, ulama yang menguasai semakin sedikit. Kyai sepuh yang mengusai ilmu falak sudah pada meninggal, misalnya Almarhum al Magfurlah KH Abu Sufyan Jagasima, Klirong, KH Mahfudz Purwosari, Puring, dan yang masih hidup tinggal KH Nur Khamid Wonoyoso Kebumen. Oleh karena itu, Diklat ini sangat penting dalam perspektif akademik juga kaderisasi keilmuan.” jelasnya.

Disambung Drs. HM Sholeh, M.Pd.I (ketua LP3M STAINU Kebumen), menyampaikan maksud dan tujuan acara Diklat tersebut, ”Diklat ini bertujuan untuk mengetahui dasar-dasar perhitungan jadwal shalat, perhitungan arah kiblat, perhitungsn awal bulan hijriyah, dan memahami perkembangan terkini dalam pehitungan jadwal shalat, arah kiblat, rukyat dan hilaal. Yang lebih penting lagi diklat ini juga bertujuan untuk membentuk kader yang menguasai ilmu falak yang semakin langka. Diklat ini akan diakhir dengan melihat gerhana Matahari cincin bersama-sama, pada hari jum’at 15 Januari 2010, lebih kurang pukul 15.00 WIB. Kita sediakan teropong dan layar lebar dihalaman STAINU Kebumen, semoga tidak hujan,” harapannya.

” Dalam hal ini, ” jelas Salim Wazdy, S.Ag.,M.Pd (sekretaris LP3M Kebumen) nyambung apa yang disampaikan Drs. HM Sholeh, M.Pd.I ” Hasil penelitian sementara, 80 % arah kiblat masjid dan musholla di Kebumen perlu diukur ulang, kita tahu perspektif sosiologis pembangunan masjid dan musholla, dalam sejarahnya biasanya yang penting menghadap ke Barat, belum melakukan pengukuran arah kiblat. Pengukuran arah kiblat ini penting, sehingga jika memang arah kiblatnya belum sesuai, untuk Kebumen ukurannya 294 º 52 menit, maka sebaiknya disesuaikan, ” jelas Salim.

Pembenahan arah kiblat bukan lah yang tabu, kita ingat kisah jaman Nabi Muhaammad SAW, shalat dhuhur di Masjid Qiblatain saat itu kiblatnya menghadap Baitul Maqdis, ketika Nabi mendapat dua reka’at mendapatkan wahyu Allah untuk merubah arah kiblat ke Makkah al Mukarramah. Pembenahan arah kiblat bisa langsung meminta bantuan ke Badan Hisab dan Rukyah Daerah (BHRD) Kebumen, atau konsultasi ke LP3M STAINU Kebumen, atau ke KUA masing-masing kecamatan teruatama para peserta yang mengikuti diklat kali ini.

Urgensi tindak lanjut diklat ini adalah pembenahan arah kiblat masjid dan musholla yang belum sesuai dan lebih penting lagi adalah terbentuknya komunitas Hisab dan Rukyah di Kebumen. Dalam diklat ini dilakukan praktek pengukuran di musholla STAINU Kebumen, masjid Darussalam Jl.Pemuda, Kebumen, dan masjid Nurul Iman, Kawedusan. Dari pengukuran ini diketahui masjid Darussalam kemiringannya selisih 16º arah utara, dan masjid Nurul Iman kemiringannya selisih 1º arah utara, padahal selisih 1º arah kiblat bergeser 110 km dari Ka’bah,atau kira-kira arah negara Yaman. (Swy)

2 Komentar

Filed under Diskusi Aswaja, Publik, Uncategorized

2 responses to “Pendidikan dan Latihan (Diklat) Dasar Ilmu Falak

  1. saya sudah membaca bahwa kemungkinan dalam ilmu melatih dasar bahwa yang telah di mterap kan dalam kesimpulan tadi membawa sedikit nya ke percayaan itu sendiri

  2. elfata

    assalamu’alaikum.
    bsakah sya mndpatkan info/artikel tentang dasar-dasar ilmu falak hingga cara pengaplkasiannya.,.,trimakasih
    waskum.,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s